Dua Sistem Pengaduan Publik yang Siap Membantu Anda

logo-wbs

WBS (Whistleblowing System)

WBS (Whistleblowing System) adalah sarana bagi pegawai dan masyarakat untuk melaporkan dugaan pelanggaran secara aman dan rahasia guna mendukung organisasi yang bersih dan akuntabel.

Kerahasiaan

Menjaga kerahasiaan identitas pelapor dan isi pengaduan.

Perlindungan

Pelapor dilindungi dari ancaman atau pembalasan atas pengaduannya.

Kemudahan

Mekanisme yang mudah dan dapat diakses oleh pegawai dan masyarakat.

Independen

Penanganan dilakukan oleh pejabat profesional dan netral.

Fokus Pada Substansi

Fokus pada kebenaran pelanggaran, bukan identitas pelapor.

🔗 Kunjungi Website WBS
SP4N Lapor

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat

SP4N-LAPOR! terhubung dengan 135 Kementerian/Lembaga dan 544 Pemerintah Daerah. Platform ini memudahkan masyarakat menyampaikan aspirasi dan pengaduan pelayanan publik secara transparan dan akuntabel.

1

Uraikan Masalah

Uraikan pokok permasalahan secara lengkap dan jelas serta kronologis laporan.

2

Sebutkan Waktu & Tempat

Sebutkan waktu dan tempat kejadian laporan.

3

Gunakan Bahasa Baik

Gunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

4

Lampirkan Bukti

Lampirkan bukti pendukung apabila tersedia.

5

Kirim & Verifikasi

Kirimkan laporanmu dan tunggu laporan diverifikasi.

🔗 Kunjungi Website SP4N-LAPOR